Codeman



About My Hero:

"Anak 1: Pahlawanku sungguh bersayap, ia terbang dari langit yang tinggi kemudian menginjakkan kakinya dibumi, membasmi musuh-musuh yang ingin menguasai dunia dan berambisi melenyapkan umat manusia. Ia adalah superman, dan siapakah yang lebih hebat darinya?

Anak 2: Pahlawanku tidak memerlukan sayap untuk melompat bebas setinggi-tingginya di udara. Ia memiliki senjata ampuh, berupa jaring-jaring mematikan yang dengan sekilas keluar dari ujung-ujung jarinya, dan dalam sekejap dapat melumpuhkan musuh dan membuat mereka tak berdaya. Ia adalah spiderman, dan siapakah yang lebih hebat darinya?

Anak 3: Pahlawanku memang tidak bersayap seperti Superman, namun ketika ia berada diketinggian, ia bersayap pengetahuan yang dapat membawa mereka terbang bebas menjelajahi dunia cyber demi menemukan musuh-musuh umat manusia, bahkan yang bersembunyi dibalik konspirasi sekalipun. Jari-jarinya pun tak mungkin mengeluarkan jaring-jaring mematikan seperti Spiderman, namun ketika mereka berada diketinggian, jari-jari tersebut sangat terampil, bergerak lincah memberikan perintah kepada benda supermaya demi memberikan kedamaian dimuka bumi. Mereka berada diketinggian ketika mereka sudah mampu mengendalikan ego, memahami etika dan memiliki sense of humanity yang tinggi.

Anak 1 dan2: Siapakah pahlawanmu?

Anak 3: Codeman"

Blog

Bisnis Online

Electronic Business (E-Business)

E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnisutama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku,manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servismelalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan datayang telah terkomputerisasi.

Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi,koordinasi, dan manajemen organisasi.

E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkanbisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologiinternet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatubisnis.


Electronic Commerce (E-Commerce)

adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yangdilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer.

E-commerce juga mengandung pengertian sebagai penyebaran, pemasaranjasa, melalui system elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,systemmanajemen inventory otomatis dan system pengumpulan data otomatis



E - COMMERCE MENURUT PARA AHLI

Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:

  • Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, ataupembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
  • Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasitransaksi bisnis dan work flow.
  • Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangibiaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
  • Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeliproduk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.


Yuan Gao dalam Encyclopedia of InformationScienceand Technology (2005) menyatakan :
  • E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnisdan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commercedidefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet.
  • Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, carapromosi dan sebagainya
 DAMPAK POSITIF & NEGATIF E-COMMERCE

Di setiap bisnis pasti terdapat dampak yang ditimbulkan baik berupa dampak yangmenguntungkan ataupun yang merugikan,begitu pula didalam dunia E-Commerce pasti terdapatdampak positif dan negativenya.

Dampak positifnya, yaitu :
  • RevenueStream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemuidi sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional(operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Meningkatkan supplier management.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Dampak negatifnya, yaitu :
 
  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.Seorang penipu mentransfer uang darirekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansialyang ada.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semuainformasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugianyang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasilmembobol sebuah sistem perbankan.Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain kerekeningnya sendiri.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yangdilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusiaatau kesalahan sistem elektronik.

Upaya Yang Dilakukan Untuk Memaksimalkan Penggunaan E-Commerce
   
1.    Menyediakan harga kompetitif.
2.    Menyediakan jasa pembelian yang tanggap,cepat, dan ramah.
3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yanglengkap dan jelas.
4.    Menyediakan banyak bonus seperti kupon,penawaranistimewa, dan diskon.
5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulanpembelian.
6.    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi,masukandari pelanggan, dan lain-lain.
7.    Mempermudahkegiatan perdagangan.


SISTEM PEMBAYARAN E-COMMERCE

  • Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif yakni pembeli yang telah mempunyai kartu kreditdapat menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran.Selainkartu kredit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan e-cash. E-cash sebenarnya merupakan suatu account khususuntuk pembayaran melalui internet. Account tersebut dibukadengan menggunakan kartu kredit yang dipunyaisebelumnya. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan.
  • Alternatif lain dalam pembayaran di internet adalah denganmenggunakan smartcard. Di Singapura, smartcard dikenaldengan istilah cash card. Untuk pembayaran di internet, user harus memiliki smart card reader. Dalam pemakaiannya,alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi,smart card harus digesekkanke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapatdibaca oleh komputer. Untuk softwarenya, digunakansoftware bernama “e-wallet”.
MACAM-MACAM SISTEM PEMBAYARAN


•    Tunai dengan alat pembayaran yang sahyang ditentukan olehotoritas nasional untuk mewakili sebuah nilai tertentu
•    Kartu kredit merupakan akun yangmempermudah kreditkepada konsumen,membuat konsumen untuk membeli barang-barang dengan menunda pembayaran, danmemungkinkan konsumen untuk melakukanpembayaran ke beberapa vendor sekaligus.
•    Kartu Debet mendebet langsung dari akunyang sudah ada dananya yang sudahtersimpan.
•    Uang Digital adalah bentuk mata uang yanghanya bisa digunakan di situs tertentu.
Untuk mengecek apakah situsE-Commerce dapat dipercaya atau tidak adalah dengan cara sebagai berikut :

Suatu retailer web site aman atau tidak adalah adanya tanda khususyang muncul di status bar di bagian bawah layar browser. Pada IE,tanda yang muncul adalah tanda gembok terkuncidi pojok kananstatus bar.
Sedangkan pengguna Netscape Navigator, akan melihattanda kunci di pojok kiri status bar. Walaupun begitu, karena standar yang dipakai untuk secure connection ini relatif baru, belum semuacybershop menggunakan standar ini.



Selebihnya Tentang E-commerce


•    Karena semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumahdengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja,belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan danmereduksi polusi udara.
•    Untuk meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena perusahaan yangmengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biayaproduksi yang rendah.
•    Untuk mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairahuntuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yangbesar.
•    Agar meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantupemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecilmenengah.


PERBEDAAN E-COMMERCE & E-BUSINESS


•    E-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik ataue-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business,sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan dataelektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebihberfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistemmanajemen pengetahuan,e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
•    Secara teknis,e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi,e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepadakonsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitrabisnis. Pertukaran informasi via databaseterpusat juga dilakukan dalame-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
•    E-commercepada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karenalebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary).Semua aspek dalambisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup
•    E-businesslebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yangbermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja,e-commercemerupakan bagian takterpisahkan dari prosese-business, namun dalam kerangkaterbatas,e-commerce. merupakan kegiatan menjual dan membeli.


MANFAAT E-COMMERCE BAGI MASYARAKAT

•    Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumahdan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkanarus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
•    Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijualdengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisamembeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
•    Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketigadan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akansusah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
•    Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatankesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakanpemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yanglebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkaupasien di daerah pedesaan.


Ringkasan:

1.    E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commercehanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2.    E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis sepertimembeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3.    E-business melibatkan pemasaran, perancanganproduk, evaluasi layanan konsumen, dan kepercayaankonsumen terhadap perusahaan tersebut.



Reff:
Priyatno, Duwi. 2010. Panduan Mudah Bisnis Online. Mediakom. Yogyakarta.
Onggo, Bob Julianus. 2005. Cyber Branding through Cyber Marketing. Elex Media Komputindo. Jakarta


Comments